Jakarta (TRIBUNNEWS.COM) - Pasar mebel dan kerajinan Indonesia ke depan dinilai akan terus tumbuh. Berdasat data Januari hingga September 2022, nilai ekspor industri mebel meningkat 7,05 persen secara tahunan menjadi 2,19 miliar dolar Amerika Serikat (AS).

Untuk mendukung peningkatan nilai ekspor dan mengejar target pemerintah Indonesia senilai 5 miliar dolar AS di 2024, Dyandra Promosindo bersama Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) menyelenggarakan Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2023.

"IFEX kembali diagendakan dan memasuki tahun ke-8 pada 9 Maret hingga 12 Maret 2023 mendatang di Jakarta International Expo Kemayoran (JIExpo)," sebut Dyandra Promosindo dalam pernyataan tertulis, Selasa (17/1/2023).

Event ini akan menjadi penghubung sejumlah besar pemain terbaik industri furnitur di Indonesia dan mancanegara dengan lebih meriah dari tahun sebelumnya.

IFEX juga merupakan bagian dari Asia Furniture Show Circle yang terhubung dengan pameran-pameran furnitur Asia Tenggara.

IFEX 2023 mengusung tema Redefine, Inspire, Innovation dengan menyajikan beragam desain, inovasi dan keahlian terkini dengan fokus menampilkan keindahan unik sumber daya alam Indonesia di satu tempat.

Pameran ini akan diikuti 500 peserta dengan berbagai produk furnitur yang menonjolkan berbagai kerajinan kayu, rotan, perabotan, furnitur luar ruangan, dan produk dekorasi unik lainnya.

Penyelenggaraan IFEX 2022 didominasi buyers berasal India dan Australia, berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang didominasi dari AS dan China.

Promosi IFEX juga mulai beralih ke pasar baru dengan melakukan emerging market ke negara-negara berkembang seperti India, Timur Tengah, dan negara-negara lainnya yang mempunyai potensi untuk ekspor furnitur Indonesia.

IFEX 2023 akan menggunakan seluruh hall seluas 60.000 meter persegi yang ada di kawasan JIExpo Kemayoran.

Di IFEX para buyers juga berkesempatan untuk menjalin business networking dan business matching dengan para exhibitors ataupun sesama buyers.

Pengunjung dapat melakukan pra-registrasi di situs web resmi IFEX sebelum 8 Maret 2023 untuk mendapatkan tiket masuk gratis dan memesan kamar di salah satu mitra hotel resmi untuk mendapatkan penawaran khusus.

Layanan antar-jemput gratis juga tersedia dari bandara ke venue bagi mereka yang memiliki buyers ID serta dapat menikmati International Buyers Lounge di JIExpo selama acara berlangsung.

Para buyers yang diundang juga dapat menghadiri acara buyers dan exhibitor night secara eksklusif, serta bagi pengunjung tertarik untuk menjadi VIP buyers dan menikmati fasilitas dan hospitality tambahan, dapat mendaftar di situs resmi IFEX. (Yanuar R Yovanda/Choirul Arifin)