Jakarta - Agung Sedayu Group tengah mengembangkan pusat desain dan furnitur terbesar dan terlengkap di indonesia yang diberi nama Indonesia Design District (IDD). Mega proyek ini akan hadir di pantai Indah Kapuk 2 (PIK2) di atas lahan seluas kurang lebih 10 hektare.

CEO Agung Sedayu Group - Mal Hotel Div 2, Natalie Kusumo mengungkapkan bahwa pembukaan Indonesia Design District di PIK 2 ditargetkan akan dilakukan pada akhir 2022.

"Dengan mengusung konsep 'Raksa Mebel Center Terbesar dan terlengkap di Indonesia' sudah bisa dbanyangkan bahwa Indonesia Design District adalah suatu mega concept. Pengembangan kawasan one-step shopping center untuk interior dan furnitur ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang, dan rencananya akan didukung lebih dari 200 brand ternama di Indonesia". jelas Natalia dalam keterangan tertulis, Rabu (3/11/2021)

Natalia menerangkan, Indonesia Design District diPIK 2 memiliki 3 keunggulan utama sebagai berikut :

1. Akses Berada di Lokasi paling premium PIK 2

dijelaskan bahwa area Indonesia Design District sangat strategis, diapit oleh 2 jalan utama di PIK2, yaitu JL.Rasuna Said dan JL. Thamrin yang memiliki lebar 50 meter. Keberdayaan di jalan utama ini memastikan bahwa Indonesia Design District akan sangat mudah terlihat dan dicapai oleh semua pengunjung yang datang ke PIK

2. Konsep mall Outdoor Pertama di Indonesia

Adapun keunggulan kedua yang dimaksud adalah konsepnya yang seperti mall outdoor dengan masing-masing tenant atau brand memiliki toko yang berdiri sendiri. Pengunjung akan bisa berjalan jalan santai dari satu toko ke toko lain dengan melewati koridor yang luas dan nyaman, dengan pemandangan lanskap hijau yang menyejukan.tersedia pula outdoor & indoor plaza untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan.

Natalia menyebut konsep retail interior & furnitur yang menggabungkan ruang outdoor dengan indoor seperti ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di indonesia. Konsep ini akan memberikan pengalaman berbeda dan juga suasana yang elbih santai. meski demikian, ia memastikan bahwa pengunjung tidak perlu kepanasan ataupun kehujanan, karena tersedia canopy peneduh saat berjalan-jalan antar toko.

3. Menghadirkan Retail Space Terlengkap

Indonesia Design District menyediakan retail space dengan tenant-mix yang lengkap.Untuk kemudahan pengunjung berbelanja, tenant yang ada di kelompokan dalam zona kegiatan utama, antara lain :

  • Zona Living yang menyediakan berbagai pilihan sofa, kursi, lemari, lampu, elektronik dan lain-lain yang merupakan perlengkapan kebutuhan ruang tamu.
  • ada Zona kitchen & dining, yang antara lain menawarkan berbagai produk seputar meja & kursi makan, kitchen appliances dan aksesoris untuk keperluan dapur.
  • aneka pilihan Walk-In-Closet, Wardrobe, Matras, dan lain-lain bisa di dapatkan pada Zona Bedroom

ada juga Zona Bathroom, Kids Furniture, keperluan kantor, outdoor furniture dan building materials seperti parket, mermer, granit, wallpaper, dan lain-lain.

ia mengungkapkan bahwa toko yang direncanakan seluas kurang lebih 200 m2 hingga diatas 1.00 m2. Selain itu juga direncanakan adanya paviliun-paviliun mungil yang diperuntukan untuk food & bevereges. Sehingga secara total akan dapat menampung kurang lebih 200 tenant dari berbagai brand terkemuka.

Sementara itu, COO Agung Sedayu Group, Hotel DIvisi 2, Widjoyo menambahkan bahwa lokasi Indonesia Design DIstrict di PIK 2 yang sangat dekat dengan bandara Internasional Soekarno Hatta menjadikannya pilihan yang sangat tepat untuk pelaku bisnis membuka showroom Furnitur dan Home & Living yang menargetkan market export, import maupun lokal.

"Calon pembeli dari luar negri maupun dalam negri sangat mudah berkunjung ke sini. Cukup buka 1 cabang disini sebagai representative showroom. Jika membuka showroom brand lokal di sini, bisa untuk ajang promosi ke market internasional. Sedangkan jika membuka showroom untuk brand import juga sangat cocok untuk menjangkau market sampai ke seluruh pelosok Indonesia." jelas Ipeng.

Baik Natalia maupun Ipeng mengatakan rencana pengembangan mega concept ini dijalankan mengingat industri furnitur berhasil menunjukan ketangguhan dan potensinya. Bahkan di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.

Dikutip dari laman resmi Kementrian Perindustrian. Agus Gumiwang Kartasasmita dalam pembukaan Pameran Indonesia Internasional Furniture Expo (IFEX) Virtual Showroom 2021, senin (20/9). Menyampaikan bahwa industri furnitur sebagai sektor padat karya dan berorientasi ekspor juga berperan penting dalam memberikan kontribusi yang signifikan terhadap upaya pemulihan ekonomi nasional.

Dalam kesempatan itu, Agus menyebutkan pada triwulan 1 tahun 2021, kinerja industri furnitur mampu bangkit dan tumbuh positif sebesar 8.04% setelah pada periode yang sama tahun lalu mengalami kontraksi 7,28% karena dampak pandemi. Selain itu, subsektor industri kayu, barang dari kayu, rotan dan furnitur juga menyumbangkan pertumbuhan pada kelompok industri agro mencapai sebesar 2,60%.

Melihat pertumbuhan tersebut, Agus menilai industri furnitur dan kerajinan terbukti memiliki timgkat resiliensi yang tinggi di saat pandemi. Untuk itu, guna lebih memacu produktivitas dan daya saingnya, Kementrian Perindustrian juga terus menjaga ketersediaan bahan baku dan mendorong pelaku industri furnitur untuk aktif melakukan inovasi.

Selain data kinerja positif industri furnitur yang dibagikan oleh kemenperin, pelaku pasarpun menunjukan pandangan positif terhadap potensi bounce back di industri ini pada tahun depan.

Managing Direntor Box Living, Marcel Opstal yang merupakan salah satu Indonesia high end furniture brand yang telah berdiri sejak tahun 1998 di jakarta ini mengaku turut menyambut baik rencana Agung Sedayu Group dalam mengembangkan Indonesia Design District si PIK2.

Menurutnya, Jakarta sebagai megacity sudah lama menantikan adanya lifestyle home center sebagaimana kota-kota besar lain didunia. ia menilai momen pembukaan Indonesia Design District sangat pas, yakni dengan kondisi penanganan pandemi COVID-19 yang sangat baik dan sudah menunjukan tanda-tanda akan selesai sehingga dapat membuat pertumbuhan industri naik kembali.