Perusahaan ritel furnitur asal Swedia, IKEA resmi membuka gerai di Bali. Hal ini ditunjukkan dengan dibukanya Customer Meeting Point di Bali pada Kamis 18 November lalu.

President Director PT Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia) Patrik Lindvall menyampaikan, melalui cabang tersebut, untuk pertama kalinya IKEA Indonesia hadir di luar Pulau Jawa.

“IKEA Bali merupakan salah satu langkah kami menuju visi untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang. Untuk pertama kalinya, IKEA hadir di luar Pulau Jawa,” ucap Patrik Lindvall, dalam keterangan resminya, dikutip Rabu (24/11).

Hadirnya IKEA di Bali diharapkan dapat menjadi destinasi pilihan bagi mereka yang sedang mencari solusi dan inspirasi perabot rumah tangga. Untuk tim IKEA Bali sendiri, sebagian besar akan direrkut secara lokal. IKEA Bali dengan senang hati menyambut anggota baru untuk mengembangkan karir bersama mereka.

Selain itu, IKEA Indonesia juga telah bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM melalui program Teras Indoensia, di mana UMKM lokal dapat menggunakan area di IKEA Bali untuk memamerkan produk lokal mereka.

“IKEA Bali hadir tidak hanya untuk memberikan solusi dan inspirasi perabot rumah tangga, kami juga hadir untuk membuat perbedaan dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Kami percaya bahwa serangkaian inisiatif yang kami lakukan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan kami berharap IKEA Bali dapat menjadi tetangga yang baik,” ujarnya.

Disamping itu, Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta menyambut dengan baik kehadiran serta inisiatif IKEA di Pulau Dewata. Dalam peresmian tersebut ia juga menuturkan harapannya agar IKEA dapat meningkatkan perkonomian lokal.

“Saya percaya IKEA Bali dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Bali dan sekitarnya, serta berkontribusi untuk meningkatkan perekonomian wilayah lokal,” tuturnya.
Sebagai informasi, IKEA didirikan di Smaland, Swedia pada 1943 oleh Ingvar Kamprad. Untuk bisnis IKEA Indonesia sendiri berada di bawah hak waralaba eksklusif PT Rumah Mebel Nusantara.

IKEA Indonesia pertama kali hadir di Alam Sumatera pada 15 Oktober 2014. Hingga saat ini tercatat sudah ada 5 toko IKEA yang tersebar di Indonesia.