Bandung, Beritasatu.com – Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (Himki) mendorong Jawa Barat menjadi basis produksi industri kreatif nasional. Hal itu terungkap dalam Musyawarah Daerah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himki Bandung dan Priangan yang digelar di Hotel Santika Bandung pada Kamis (25/3/2021).

"Musda DPD Himki Bandung dan Priangan momentum untuk menjadikan Jawa Barat sebagai lokus terdepan basis produksi industri kreatif nasional," kata Ketua Presidium Himki, Abdul Sobur dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kamis.

Menurut dia, langkah ini penting mengingat Jawa Barat memiliki dua pusat pertumbuhan ekonomi baru, yaitu di kawasan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka dan Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang. "Kertajati dan Subang akan menjadi kawasan pertumbuhan baru membentuk segitiga kawasan di Cirebon, Bekasi, Karawang, dan Purwakarta sebagai sebuah industri raksasa," kata dia.

Dia mengatakan, kawasan tersebut saling terkoneksi dan saling mendukung satu dengan yang lain sehingga memiliki daya saing terutama untuk produk-produk ekspor.
Himki kata dia, akan terus melakukan pengembangan dan penguatan industri mebel dan kerajinan nasional, yang meliputi terjaminnya keberlangsungan suplai bahan baku dan penunjang, desain dan inovasi produk, serta pengembangan kelembagaan agar dapat memberikan kontribusi.

Sementara dalam Musda Jabar bertema “Menjadi Lokus Terdepan Basis Produksi Industri Kreatif Nasional dalam Sinergi Organisasi yang Solid dan Mandiri” itu, secara aklamasi Anton Dwinanto terpilih sebagai Ketua DPD Himki Bandung dan Priangan.