Ketua Umum Kadin Jawa Barat Cucu Sutara memberikan sambutan sekaligus membuka Musyawarah Daerah Himpunan Industri Meubel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Bandung dan Priangan ke-1 di Hotel Santika, Bandung (25/3/2021). Dalam sambutannya Cucu menyatakan apresiasinya kepada segenap jajajran HIMKI yang tetap bersemangat menjalankan usahanya pada masa Pancemi Covid-19 ini. H. Cucu Sutara juga mendorong HIMKI agar terus dapat lebih bersinergi, berkolaborasi, terus berinovasi dan meningkatkan produktivitas untuk dunia usaha Jawa Barat yang terasa dan bermanfaat.

Musda mengusung tema Menjadi Lokus Terdepan Basis Produksi Industri Kreatif Nasional dalam Sinergi Organisasi yang Solid dan Bermanfaat, Selain dihadiri Ketua Umum Kadin Jawa Barat, Cucu Sutara, turut hadir pula Kepala Kanwil Bea Cukai Jawa Barat Saipullah Nasution, S.H., M.M., Asisten Pembangunan dan Perekonomian Sekda Provinsi Jawa Barat Bapak Dr. Ir. H. M. Taufiq Budi Santoso, M. Soc. Sc., dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat Drs. H. Mohamad Arifin Soedjayana, M.Si. (via zoom) serta Abdul Sobur selaku Ketua Presidium HIMKI.

Pada bagian lain, Ketua Presidium HIMKI, Abdul Sobur menyatakan bahwa dengan adanya Pelabuhan Patimban, akan terbangun segitiga kawasan pertumbuhan ekonomi, yaitu di kawasan Pelabuhan Patimban, di kawasan Bandara Kertajati, juga kawasan di Cirebon, Bekasi, Karawang, dan Purwakarta (Rebana) sebagai sebuah kawasan industri raksasa. Kawasan tersebut saling terkoneksi dan saling mendukung satu dengan yang lain sehingga memiliki daya saing tinggi, terutama untuk produk-produk ekspor, utamanya meubel dan produk kerajinan Jawa Barat. Lebih lanjut dikatakan Sobur bahwa perkembangan kawasan ini kelak memicu industri di kedua wilayah tersebut yang akan mengalahkan kekuatan industri yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Para peserta Musda menyepakati sejumlah kebijakan dan program kerja, antara lain pengembangan dan penguatan industri mebel dan kerajinan nasional,dengan menjamin keberlangsungan pasokan bahan baku dan penunjang, desain dan inovasi produk, melakukan peningkatan kemampuan produksi, pengembangan sumber daya manusia, dan terus menggalakkan promosi dan pemasaran, serta pengembangan kelembagaan. Peserta juga secara aklamasi memilih Anton Dwinanto sebagai Ketua DPD HIMKI Bandung-Priangan periode 2021-2026. Selamat Bertugas Pak Anton, semoga HIMKI semakin jaya dan sukses mewujudkan visi misinya.***