KumparanNews, Jakarta – Pusat perbelanjaan furnitur dan perlengkapan rumah tangga IKEA pada Minggu (10/5) ramai diperbincangkan netizen. Sebab, beredar video, IKEA Alam Sutera masih ramai dikunjungi warga di saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah corona, masih berlaku. 

Setelah video tersebut tersebar luas, tak butuh waktu lama Satpol PP Kota Tangerang langsung mendatangi IKEA Alam Sutera dan memintanya untuk tutup. "Jadi kami dapat laporan dari warga soal IKEA ini, terus kami kemudian sidak tadi dan memang masih banyak di lapangan pengunjung yang datang. Selama sidak kita tutup dulu," kata Kasatpol PP Kota Tangerang Agus Hendra kepada wartawan di lokasi, Minggu (10/5). 

Namun, pihak IKEA menjelaskan bahwa gerainya memegang izin operasional sesuai dengan peraturan wali kota terkait PSBB. Juru Bicara IKEA, Ririn Basuki, mengatakan IKEA merupakan jenis usaha yang diperbolehkan beroperasi selama masa PSBB. Pemeriksaan pengujung sebelum masuk juga dilakukan IKEA guna mengantisipasi penyebaran virus corona. "IKEA adalah bagian dari PT HERO Group dengan izin usaha sebagai hypermarket. IKEA termasuk salah satu jenis usaha yang diperbolehkan beroperasi selama masa PSBB," kata Ririn.

“Meskipun beroperasi, IKEA tetap mematuhi peraturan pemerintah dan mematuhi penerapan regulasi PSBB di toko IKEA. Namun, yang paling utama bagi IKEA adalah tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan pengunjung dan co-worker IKEA,” tambah dia.

Ririn mengatakan, selama dibuka, pihaknya juga melakukan pembatasan pengunjung yang ingin berbelanja. Selama masa PSBB di Tangerang Raya, IKEA Alam Sutera juga menganjurkan agar masyarakat dapat melakukan pembelian secara online.  

“Hal ini dapat dilihat dengan adanya pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki toko IKEA, penyediaan hand sanitizer, memastikan pemakaian masker, informasi dan penerapan jaga jarak, pembatasan jumlah pengunjung dan selalu mengingatkan kepada pengujung untuk mematuhi regulasi PSBB,” ujar Ririn. 

“Selama masa PSBB, kami juga menganjurkan pelanggan IKEA untuk berbelanja secara online untuk mencegah penyebaran virus corona,” tambahnya.

Akhirnya, IKEA Alam Sutera memilih tutup sementara usai disidak Satpol PP. Lalu bagaimana dengan pusat perbelanjaan dengan jenis yang sama seperti ACE Hardware atau Informa?

Di DKI Jakarta, yang merupakan wilayah penerapan PSBB pertama di Indonesia, ACE Hardware dan Informa masih diizinkan buka. Kedua toko tersebut memiliki izin dari Kemenperin. 

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin menjelaskan bahwa ACE Hardware dan Informa mengantongi izin dari Kementerian Perindustrian. Jadi, perusahaan tersebut tetap bisa membuka gerai-gerainya meski bukan perusahaan di sektor kebutuhan pokok. "Demikian (sudah kantongi izin)," ungkap Arifin memberi konfirmasi kepada kumparan, Minggu (10/5). 

“Ada beberapa jenis usaha yang di luar pengecualian yang diberikan izin oleh kementerian terkait sehingga sektor usaha tersebut dapat beroperasi. Kami harus menghormati atas izin-izin yang diberikan oleh kementerian terkait,” tambah dia.*