Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia (AMKRI) menggandengCBI (Centre for Promotion of Impor from Developing Countries)Belanda guna meningkatkan kemampuan IKM furniture dan kerajinan dalam halkapasitasnya, baik terkait desain, kualitas produk maupun straegi menembus pasar ekspor, terutama pasar Uni Eropa.

Kerja sama tersebut sangat penting mengingat CBI memiliki jaringan solid dari para pemangku kepentingan internasional dan teruji telah memberikan kontribusi bagi penguatan berkelanjutan dari daya saing eksportir Usaha Kecil Menengah dan produsen negara berkembang.

Kerja sama tersebut melahirkan beberapa kesepakatan untuk dilakukan. Pertama, saling bekerja sama dalam upaya mengembangkan dan memperkuat industri furniture dan kerajinan di Indonesia pada umumnya, dan meningkatkan ekspor ke pasar Uni Eropa pada khususnya.

Kedua, melaksanakan rangkaian kegiatan yang berada dalam cakupan layanan CBI, yang meliputi pembinaan ekspor, pengembangan kelembagaan dan pengembangan sumber daya manusia.

Ketiga, secara bersama-sama dan kesetaraan saling mengeksplorasi dan mengatur segala bentuk kerja sama yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi para pelaku industri mebel dan kerajinan dalam mempersiapkan dan mengikuti pameran yang bertaraf internasional.

Dalam mewujudkan hal-hal di atas, sebagai langkah awal, AMKRI dan CBI menyelenggarakan seminar untuk meningkatkan kemampuan kepada para pelaku industri mebel dan kerajinan dalam mempersiapkan dan mengikuti pameran bertaraf internasional.

Dari seminar yang digelar Senin dan Selasa, 19 dan 20 Januari 2015 ini diharapkan para peserta dapat memiliki kualifikasi taraf internasional dalam mengikuti kegiatan promosi dan pameran, sehingga memiliki kemampuan dalam mempersiapkan sebuah pameran bertaraf internasional.

Sertifikat yang didapat para peserta pada seminar tersebut bisa menjadi tolok ukur penilaian kualifikasi agar menjadi skala prioritas keikutsertaannya pada saat penentuan dan pemilihan kegiatan promosi yang dikordinir AMKRI oleh lembaga-lembaga bertaraf internasional.

CBI, yang berdiri sejak 1971, merupakan Badan Kementerian Luar Negeri Belanda yang memiliki rekam jejak dalam memfasilitasi kerja sama yang baik dengan 48 negara berkembang, termasuk Indonesia. Kontribusi lembaga tersebut terbukti mendukung produsen atau eksportir untuk mendapatkan pijakan di pasar Uni Eropa, selain dukungannya dalam meningkatkan kemampuan para eksportir negara mitranya.

Promosi dan pemasaran merupakan langkah strategis untuk memperkenalkan produk baru, produk unggulan ke pasar global. Tujuan dari kegiatan ini adalah terjadinya kegiatan-kegiatan promosi dan pemasaran yang terkelola dengan baik yang dilakukan di dalam dan luar negeri dengan jadwal yang terprogram sepanjang tahun untuk target marketdi seluruh dunia, terutama untuk buyers negara-negara yang menjadi target market utama.maulana s jaelani