Ketua Umum HIMKI Ir. Soenoto telah menetapkan dan mengangkat Pelaksana Tugas (Caretaker) Pengurus DPD HIMKI D.I. Yogyakarta dengan susunan yang terdiri dari: Heru Prasetyo sebagai Ketua, Ir. M. Faisol, MM dan Bambang Wijaya sebagai anggota.

Sekurang-kurangnya ada tiga alasan penunjukan caretaker ini. Pertama, dalam rangka keberlangsungan organisasi yang tangguh, maka dibutuhkan kepengurusan yang kuat, bersih dan profesional serta mencerminkan azas keterwakilan dari para pelaku usaha industri mebel dan kerajinan.

Kedua, untuk memperkuat hubungan antara Pusat dan Daerah dalam rangka pengembangan industri mebel dan kerajinan di masing-masing daerah. Ketiga, adanya pengunduran diri Ketua dan Jajaran Pengurus DPD HIMKI D.I. Yogyakarta melalui surat No: 267/HIMKI-DIY/XII/2019 dan terbitnya surat DPP HIMKI Nomor: 240/HIMKI-DPP/XII/2019 Tanggal 18 Desember 2019.

“Kami Pengurus DPP HIMKI menerima Pengunduran Diri Ketua dan Jajaran Pengurus DPD HIMKI D.I. Yogyakarta. Berkenaan dengan hal tersebut, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dukungan serta sumbangan pemikiran dalam usaha untuk memajukan industri mebel dan kerajinan di wilayah Yogyakarta selama mengurus DPD HIMKI D.I. Yogyakarta,” ujar Ketua Umum Ir. Soenoto.

HIMKI menyadari, pihaknya belum dapat memuaskan semua pihak, namun HIMKI yakin bahwa organisasi ini ke depan akan mampu menjadi wadah bagi industri mebel dan kerajinan Indonesia dalam upaya memajukan industri tersebut sesuai dengan harapan kita semua.

Tugas Caretaker adalah untuk melaksanakan kegiatan organisasi DPD HIMKI D.I. Yogyakarta secara keseluruhan, antara lain menerima aset yang diserahkan oleh Pengurus DPD HIMKI D.I. Yogyakarta yang mengundurkan diri untuk diinventarisasi.

Masa Bhakti Pelaksana Tugas (Caretaker) Pengurus DPD HIMKI D.I. Yogyakarta adalah sampai dengan pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) DPD HIMKI D.I. Yogyakarta pada tahun 2020. Mereka bertanggungjawab kepada Dewan Pimpinan Pusat dan Musyawarah Daerah.*