Jakarta, CNBC Indonesia  – Ketua Umum HIMKI, Ir. Soenoto tegas mengatakan bahwa pemerintah belum melakukan apapun untuk mendukung industri mebel dan kerajinan, dimana masukan pelaku usaha terkait faktor penghambat dan penunjang telah diberikan 3 tahun yang lalu tetapi belum direspon. Pelaku industri berharap jika pemerintah belum mampu membuat aturan yang baik asal jangan mengganggu pengusaha.

Di tengah sejumlah tantangan ini, HIMKI masih optimis dapat mendorong industri mebel dan kerajinan melalui efisiensi dan pengembangan desain, dimana kreatifitas yang dilakukan oleh perajin semakin tinggi.

Agar industri ini dapat bertumbuh, pemerintah harus perluas pasar melalui promosi (pameran kelas dunia). Pameran-pameran yang berskala internasional, pendidikan dan pelatihan, serta R&D itu harus difasilitasi pemerintah.

Industri ini tidak butuh uang pemerintah, asalkan peraturan yang menghambat dijebol dan yang menunjang diangkat, ini sangat logis. Harusnya kita berfikir secara sistem bukan secara parsial.

Selengkapnya saksikan dialog Erwin Surya Brata dengan Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Ir. Soenoto dalam Profit, CNBC Indonesia (Selasa, 8/10/2019).