Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia
Indonesian Furniture and Craft Industry Association
12 October 2017

Partisipasi HIMKI pada Pameran Trade Expo Indonesia 2017 di ICE BSD Banten

Tangerang  -- Trade Expo Indonesia (TEI) 2017 secara resmi di buka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di ICE BSD, Tangerang, Rabu (11/10/2017). Jokowi hadir di ICE didampingi Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, Menko Perekonomian, Darmin Nasution, dan Gubernur Banten, Wahidin Halim. “Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Jokowi secara resmi membuka Trade Expo Indonesia 2017” ucapnya.

Menurut Jokowi, acara seperti ini harus dimaksimalkan sebaik mungkin karena dapat meningkatkan perekonomi di Indonesia. “Momentum ini harus kita maksimalkan. Kunci pertumbuhan ekomomi saat ini hanya ada dua, ekspor dan investasi harus naik. Tanpa dua ini tidak mungkin pertumbuhan kita dapat meningkat," katanya.

Pemeran TEI yang ke-32 kalinya ini diadakan mulai dari 11 sampai 15 Oktober 2017 yang mengunakan seluruh hall di ICE BSD dan setiap hall memamerkan jenis produk yang berbeda-beda. Pada hall 1 ada Pangan Nusa, hall 2 ada Furniture, Furnishing, and Craft, hall 3 ada Fashion, Craft, and Creatif Product, hall 3A ada Premium Product dan Kementerian atau lembaga, hall 5 ada Strategic Industries and BUMN Goes Export. Selanjutnya, hall 6 dan 7 ada manufacturing product and service, hall 8 dan 9 mengenai food and beverages, terakhir hall 10 province premium product.

Pada tahun 2016, acara ini berhasil menarik 15.567 pembeli internasional dari 126 negara, serta menghadirkan 1.066 peserta pameran dengan produk-produk Indonesia terbaik. Pada tahun ini banyak sekali buyer datang dari negara-negara non-tradisional antara lain kawasan Afrika, Eurasia, Timur Tengah, Asia Selatan, hingga Amerika Selatan.

Setelah pembukaan, Jokowi menuju ke hall 2 tempat dimana Furniture, Furnishing, and Craft berada. Para pengurus HIMKI menyambut Presiden RI di stand masing-masing. Jokowi disambut oleh Ketua Umum HIMKI Ir. Soenoto, Sekretaris Jenderal HIMKI Basuki Kurniawan, Wakil Ketua Umum HIMKI Bidang Organisasi dan Antar Lembaga Abdul Sobur dan Wakil Ketua Umum Bidang Pemasaran dan Promosi Bernardus Arwin.

Pada TEI 2017, HIMKI menampilkan produk-produk terbaiknya dari 8 perusahaan yang tergabung dalam Paviliun HIMKI, seperti dari PT. ERLANGGA B.N.H. (mebel rotan), PT. RATTAN ONE (mebel rotan), CV. VINA ARIA (mebel kayu), PT. INDOEXIM INTERNATIONAL (mebel kayu), CV. DEBOUGH INDONESIA (mebel kayu), PT. DECORUS (mebel kayu), PT. GLOBAL KRIYA NUSANTARA (mebel & craft) dan FATCRAFT (craft). Diluar Paviliun HIMKI, terdapat 12 perusahaan, antara lain: PT. Multidimensi, PT. Home Fashion, PT. Belladonna, Solo Rotan, dan lain-lain. maulana s jaelani