Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia
Indonesian Furniture and Craft Industry Association
28 August 2017

Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus DPD HIMKI Sleman Raya

Pelantikan dan pengukuhan Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (DPD HIMKI) Sleman Raya dilakukan pada hari Senin, 28 Agustus 2017 di The Alana Hotel, Mataram City, Sleman, Yogyakarta. Pembukaan pelantikan DPD HIMKI Sleman Raya dilakukan oleh Bupati Sleman H. Sri Purnomo, sedangkan pelantikannya dilakukan oleh Ketua Umum DPP HIMKI Ir. Soenoto.

Dalam sambutannya, Bupati Sleman berharap kehadiran HIMKI Sleman Raya dapat mendorong perkembangan ekonomi di Sleman. Berbagai potensi yang ada di Sleman diharapkan dapat menjadi modal. "Misalnya saja, di sini gudangnya perguruan tinggi. Mari maksimalkan itu," kata Sri Purnomo.

Bupati Sri Purnomo juga berharap dengan adanya organisasi HIMKI Sleman Raya ini agar usaha furniture skala mikro, kecil, dan menengah mau menunjukkan eksistensi dirinya dan menjadi percaya diri tampil di pasar furniture kelas nasional dan internasional. Kegiatan usaha furniture dan kerajinan akan berkembang jika ada sinergi antara pengusaha, lembaga perbankan, dan pemerintah.

 Ketua Umum DPP HIMKI Ir. Soenoto mengungkapkan, Indonesia merupakan produsen industri mebel dan kerajinan yang sangat diminati di mancanegara. Terlebih Eropa, AS, Amerika Latin dan juga Timur Tengah merupakan pangsa pasar yang selalu meminati barang-barang produksi Indonesia.

“Indonesia punya pangsa pasar hampir di seluruh dunia. Saat ini kami ingin menerobos ke Cape Town, Afrika Selatan dan juga Mesir. Dubesnya sudah bertemu dan menjalin kerja sama. Yang diminati mulai dari living set, dinning set, bedroom dan semua jenis furniture,” ungkap dia.

Pembentukan DPD HIMKI Sleman Raya tentu tidak dapat dilepaskan dari kondisi strategis wilayah tersebut. Di Kabupaten Sleman terdapat banyak industri mebel dan kerajinan, karena itu agar bisa maksimal menjalankan program pembinaan terhadap industri ini sangat penting untuk mendirikan DPD HIMKI sendiri. Disamping itu Kabupaten Sleman merupakan kabupaten yang wilayahnya memiliki tingkat kepadatan penduduk yang tertinggi dengan jumlah penduduk yang besar, hal ini tentu berdampak positif terhadap dunia usaha diwilayah ini. 

Sleman memiliki potensi sumber daya alam dan manusia yang tinggi untuk membangun industri mebel dan kerajinan semakin berkembang. Beberapa potensi yang menonjol di antaranya bambu, enceng gondok, batu,  aneka produk dari bambu dan mebel solid yang masih dapat dikembangkan lagi.msj