Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia
Indonesian Furniture and Craft Industry Association
09 June 2017

Indonesia Furniture Design Award (IFDA) 2017

Indonesia Furniture Design Awards (IFDA) 2017 merupakan kompetisi desain furniture tingkat nasional yang pada tahun ini merupakan ajang kompetisi kesepuluh, dimulai sejak tahun 2007. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Direktorat Industri Hasil Hutan dan Perkebunan, Ditjen Industri Agro, Kementerian Perindustrian berkerjasama dengan Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) dan Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI).

IFDA melombakan desain furniture berupa produk furniture berbahan baku alami. Diharapkan dari lomba ini dapat dihasilkan karya-karya desain furniture terbaru yang memenuhi selera pasar namun tetap memiliki ciri khas Indonesia.

Kompetisi pada tahun 2017 ini mengambil tema “Furniture berbahan baku utama kayu, rotan atau kombinasi kayu dan rotan”. Pemilihan rotan sebagai salah satu bahan baku utama dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan penyerapan bahan baku rotan dan penetrasi pasar produk furniture rotan.

IFDA 2017 melombakan kategori furniture ruang keluarga/ruang tamu (living room), dengan kriteria pemenang dinilai dari aspek Ergonomi (Comfortable, Healthy, Safety), Fungsi (Functional-Universal), Nilai inovasi (Innovation Value), Ramah Lingkungan (Green Orientation), Estetika (Aesthetics), Orientasi Pasar (Marketable), Kandungan Kearifan Lokal (Local Wisdom) dan mengikuti tren desain terkini. Dengan target peserta dari kalangan profesional desainer/industri.

Tim dewan juri IFDA 2017 terdiri dari akademisi (Prof. Imam Buchory, Achadiyat Yudhawinata), pakar desainer furniture nasional (Alvin Tjitrowirjo, Adhi Nugraha), pelaku industri furniture nasional (Satori, Bernardus Arwin, Bonifacius) serta agent buyer/retailer furniture (William Sonoma, Lexington).

Rangkaian kegiatan IFDA 2017 akan diawali dengan tahap sosialisasi yang akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Juni 2017 di sentra industri furniture di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Penyerahan karya akan ditutup akhir bulan Juni, yang akan dilakukan Seleksi Tahap I pada awal bulan Juli untuk menentukan 12 finalis yang akan berhak maju ke Seleksi Tahap II (Final) yang akan dilaksanakan pada awal bulan Oktober 2017 (apabila dimungkinkan terlebih dahulu akan dilakukan tes pasar pada pameran).

Pada Seleksi Tahap II (Final) akan ditetapkan 4 (empat) pemenang utama, dan kepada para pemenang akan diberikan penghargaan berupa sertifikat, plakat dan hadiah berupa : Platinum Prize hadiah sejumlah Rp 30 juta, Gold Prize hadiah sejumlah Rp 20 juta, Silver Prize hadiah sejumlah Rp 15 juta dan The Most Creative hadiah sejumlah Rp 10 juta.

Penganugerahan penghargaan pemenang akan dilaksanakan pada ahir bulan Oktober 2017 pada pembukaan Pameran Furniture di dalam negeri.

 

Alamat Pengiriman Karya:

DIREKTORAT JENDERAL INDUSTRI AGRO

DIREKTORAT INDUSTRI HASIL HUTAN DAN PERKEBUNAN

Jl. Jend. GATOT SUBROTO KAV 52-53 LT 17

JAKARTA SELATAN 12950

TELP/FAX : (021) – 5253270